Fakultas Hukum/Syariah

Fakultas Hukum IAI DDI Polewali Mandar merupakan salah satu dari empat Fakultas yang ada, dengan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia dibidang hukum yang mampu mengembangkan Trilogi DDI (Pendidikan, Dakwah dan Amal Usaha) sesuai Visi Misi Institusi.

VISI :
” Unggul dan Terkemuka dalam Ilmu Syari’ah dan Hukum Secara integratif, konservatif dan profesional di Indonesia Timur Tahun 2030″

MISI

  1. Meningkatkan kualitas fakultas  syari’ah dan hukum IAI DDI Polman melalui upayah internalisasi dan integrasi nilai-nilai hukum dan Islam dengan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara konsisten.
  2. Meningkatkan peran serta fakultas syari’ah dan hukum IAI DDI Polman dalam mewujudkan kesadaran hukum masyarakat melaui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Memberikan dukungan terhadap organisasi DDI dalam konservasi pemikiran termasuk pemikiran di bidang hukum.
  4. Memadukan dan mengembangkan iptek dan imtaq secara profesional dalam pengajaran ilmu hukum yang berwawasan ke islaman, kebangsaan dan kemanusiaan.
Fakultas Syariah dan Hukum

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana hukum yang profesional, berintegritas tinggi, peduli pada masyarakat luas, dan berorientasi global, serta responsif terhadap kemajuan IPTEK.
  2. Mewujudkan sarjana hukum yang mampu mengintegrasikan hukum Islam dan hukum positif secara beriringan dengan tepat.
  3. Mewujudkan sumberdaya manusia yang profesional yang terintegrasi menjadi bagian dari Fakultas Syari’ah dan Hukum IAI DDI Polewali Mandar.

Visi, misi, tujuan, dan sasaran serta strategi pencapaian Fakultas/Sekolah Tinggi

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian Fakultas Syariah dan Hukum Intitut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar melibatkan Pimpinan Fakultas, Ketua Program Studi, dan semua dosen Fakultas Syariah dan Hukum dengan mengacu pada visi, misi, Tujuan dan sasaran pencapaian Institut yaitu:

”Menjadi institut yang terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berprestasi dalam  bidangnya  berdasarkan  Trilogi  DDI  (Pendidikan,  Dakwah,  Usaha Sosial) di Indonesia tahun 2030” 

serta mempertimbangkan kualitas atau keunggulan yang dimiliki oleh program studi dan kebutuhan stakeholder, masyarakat  luas  terhadap  lulusan  Fakultas  Syariah  dan  Hukum  Institut Agama  Islam  (IAI)  DDI  Polewali  Mandar. 

Penyusunan  draft  visi,  misi, tujuan  dan  sasaran  Fakultas  Syari’ah  dan  Hukum  dilakukan  oleh  tim dengan koordinator dekan. Draft yang telah disusun kemudian dibahas dalam   rapat   yang   terdiri   dari   unsur   Ketua   Program   Studi,    Dosen, mahasiswa  program   studi,   alumni,   stakeholders.

Dari   masukan   dari berbagai unsur tersebut draft dibahas oleh senat fakultas untuk mendapat masukan sekaligus persetujuan. Visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas yang    telah    mendapatkan    kesepakatan kemudian disahkan dan disosialisasikan kepada civitas akademika Fakultas Syariah dan Hukum IAI   DDI   Polewali   Mandar   dan   masyarakat.    Selanjutnya   mekanisme penyusunan Visi Fakultas Syariah dan Hukum meliputi beberapa tahapan berikut ini:

Penjelasan:

Pembentukan Tim Penyusun Renstra

Tim penyusun visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi tahun 2015-2030 ditetapkan oleh Keputusan Rektor IAI DDI Polewali Mandar Nomor. 014/IAI-DDI.06/A.V/02.FSY/II/2015 Tanggal 5 Februari 2015. Tim ini terdiri dari unsure pimpinan fakultas, pimpinan program studi, dan Tata Usaha.

Tim menyusun draf visi dan misi Fakultas Syariah dan Hukum

Draf visi misi disusun oleh tim dengan melibatkan piMpinan Institusi, fakultas Pimpinan program studi dan semua dosen fakultas serta dengan stakeholder internal. Aspek yang dikaji dalam menyusun draf meliputi kesesuaian visi dan misi Fakultas Syariah dan Hukum dengan visi dan misi institut, sumber daya, dan perkembangan lingkungan.

Pembahasan Visi dan Misi

Draf visi misi dibahas dengan memperhatikan analisis lingkungan dan sumber daya internal. Dalam pembahasan visi msis tersebut menerima masukan untuk penyempurnaan visi misi. Setelah itu dilokakaryakan. Dan hasil lokakarya ini merekomendasikan untuk ditetapkan sebagai visi misi, tujuan dan strategi. Fakultas Syariah dan Hukum.

Menetapkan hasil lokakarya sebagai visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi Fakultas Syariah dan Hukum melalui surat keputusan pimpinan.

Visi dan misi Fakultas Syariah dan Hukum

Tahap terakhir adalah penetapan visi dan misi Fakultas Syariah dan Hukum yang menjadi bagian dalam dokumen Renstra tahun 2015-2030.

Adapun alur/mekanisme penyusunan visi Fakultas Syariah dan Hukum dijelaskan pada tahapan berikut:

Fakultas Hukum sendiri memiliki Visi Misi sebagai berikut:

Gambar 1.1. Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Fakultas Syariah dan Hukum Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar.
Gambar 1.1. Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Fakultas Syariah dan Hukum Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar.

Setelah melalui beberapa tahapan dalam penyusunan Visi Fakultas Syariah dan Hukum maka Fakultas Syariah dan Hukum menetapkan visi sebagai berikut :

Visi

” Unggul dan Terkemuka dalam Ilmu Syari’ah dan Hukum Secara integratif, konservatif dan profesional di Indonesia Timur Tahun 2030″

Penjelasan Visi:

Unggul adalah suatu cita-cita untuk mencapai keadaan yang menunjukkan penyelenggaraan pendidikan syariah dan hukum yang mampu menjawab tantangan zaman.

Terkemuka, adalah menjadi fakultas yang mempunyai daya saing yangtinggi sehingga mendapat kepercayaan masyarakat menempatkan anak-anaknya menimbah ilmu hukum di Fakultas Syariah dan Hukum.

Ilmu syari’ah dan Hukum, adalah ilmu yang berwawasan Keislaman yangbersumberkan Alqur’an, sunnah dan ijma dan hukum adalah aturan, norma etika yang mengatur perilaku masyarakat untuk mencapai suatu kedamaian, keadilan dan kepastian.

Konservatif, adalah suatu sikap yang konsisten menjaga nilai-nilai budayabangsa, dan tidak muda menerima modernisasi dari luar yang tidak sesuai dengan jiawa bangsa Indoensia atau nilai-nilai Pancasila dan ke Islaman.

Integratif, adalah atau terpadu memadukan antara teori hukum dengankenyataan dalam praktik masyarakat, serta memadukan antara nilai-nilai syariah dengan hukum pada umumnya. Dalam artian memadukan atau menyeimbangkan antara syari’ah (nilai-nilai ke islaman) dengan hukum positif sehingga tidak ada dikotomi antara urusan negara dengan urusan agama.

Professional berarti memiliki 3 (tiga) hal pokok, yaitu:(1) Skill, (2) Knowledge,dan (3) Attitude. Skill berarti seseorang itu benar-benar ahli di bidangnya.  Knowledge, tak hanya ahli dibidangnya, tetapi ia juga menguasai ilmu lain yang berhubungan dengan bidangnya. Dan Attitude, bukanhanya ahli di bidang hukum, tetapi juga beretika dan akhlakul kharimah.

Dengan demikian professional dimaksudkan suatu kondisi seseorang yang mampu mengimplementasikan ketiga hal tersebut di atas.

Tahun 2030 artinya Visi tersebut diharapkan akan tercapai pada tahun 2030.

Misi

  1. Meningkatkan kualitas Fakultas Syariah dan Hukum Intitut Agama Islam (IAI) DDI Polman melalui upayah internalisasi dan integrasi nilai-nilai hukum dan Islam dengan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara konsisten.
  2. Meningkatkan peran serta Fakultas Syariah dan Hukum Intitut Agama Islam (IAI) DDI Polman dalam mewujudkan kesadaran hukum masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Memberikan dukungan terhadap organisasi DDI dalam konservasi pemikiran termasuk pemikiran di bidang hukum.
  4. Memadukan dan mengembangkan iptek dan imtaq secara profesional dalam pengajaran ilmu hukum yang berwawasan ke islaman, kebangsaan dan kemanusiaan

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana hukum yang profesional, berintegritas tinggi, peduli pada masyarakat luas, dan berorientasi global, serta responsif terhadap kemajuan IPTEK.
  2. Mewujudkan sarjana hukum yang mampu mengintegrasikan hukum Islam dan hukum positif secara beriringan dengan tepat.
  3. Mewujudkan sumber daya manusia yang profesional yang terintegrasi menjadi bagian dari Fakultas Syariah dan Hukum IAI DDI Polewali Mandar.

Sosialisasi Metode Penelitian dan Penulisan karya ilmiah skripsi bertempat di aula mini kampus IAI DDI Polman pada selasa, 9 juni 2020 dihadiri sejumlah mahasiswa semester akhir Fakultas Syariah dan Hukum Prodi Hukum Perdata Islam dan Hukum Tata Negara