بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)

Visi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI);

  1. Terdepan adalah suatu cita-cita untuk mencapai keadaan yang menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan berada di garda depan yang ditunjukkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu berkompetisi di era global.
  2. Pengertian Tenaga Pendidik sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Pendidik adalah orang-orang yang dalam melaksanakan tugasnya akan berhadapan dan berinteraksi langsung dengan para peserta didiknya dalam suatu proses yang sistematis, terencana, dan bertu
  3. Profesional berarti seseorang  memiliki  4 kompetensi sebagai gur yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial,
  1. kompetensi pedagogik yaitu pemahaman peserta didik, perencanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan penemanga potensi peserta didik
  2. kompetemnsi kepribadian yaitu kemampuan yang mantap, stabil, dewasa, arif, bijaksana, berahlak mulia dan dapat menjadi teladan
  3. kompetensi professional yaitu kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional pendidikan
  4. kompetensi sosial meliputi kemampuan sebagai bagian masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektiif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar. 

 

  1. Tahun 2030 artinya Visi tersebut diharapkan akan tercapai pada tahun 2030 dengan indikator utama keberhasilan diperolehnya keunggulan Program Studi Pendidikan Agama Islam di tingkat Wilayah Indonesia Timur dan Nasional dan mudah-mudahan sampai ke internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan indikator: (1) bidang pendidikan dan pengajaran, (2) bidang penelitian, dan (3) bidang pengabdian kepada masyarakat.

MISI Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai berikut:

  1. Menyelenggaran pendidikan dalam mencetak tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dalam bidang pendidikan Agama Islam yang menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
  2. Melakukan penelitian dalam bidang pendidikan agama islam yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika dan masyarakat dalam penyebaran dan pengimplementasian pendidikan Agama Islam.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan bidang pendidikan dan keagamaan.
  4. Melakukan kerjasama dengan lembaga terkait baik dalam skala lokal maupun skala nasional.

Mewujudkan suasana akademik yang kondusif, sehingga pelaksanaan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terlaksana dengan baik.

 

TUJUAN

tujuan  yang  ingin  diwujudkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) berdaya saing.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
  3. Menghasilkan karya-karya penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dan menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi kepada masyarakat dalam penyebaran pengimplementasian Pendidikan Agama Islam (PAI).
  4. Terbangunnya kerjasama dalam skala nasional, regional, maupun internasional dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI), penelitian atas dasar pengembangan dan peningkatan profesionalisme tenaga pendidik yang mandiri dan berdaya saing global.

Terciptanya suasana akademik yang kondusif, sehingga pelaksanaan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terlaksana dengan baik.

 

 

Sasaran

 Sasaran yang ingin dicapai Program Studi Pendidikan Agama Islam dalam 5 (lima) tahun ke depan adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Pembelajaran
  1. 100%; lulusan yang selesai tepat waktu
  2. Kemampuan lulusan Pendidikan Agama Islam dengan IPK, minimal 3.0;
  3. 95% lulusan akan terserap dalam jangka waktu tiga (3) bulan setelah lulus sesuai dengan bidang ilmu lulusan;
  4. Kinerja Dosen dalam mengajar dan membimbing berdasarkan penilaian mahasiswa minimum nilainya ”B”;
  5. Penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan standar sistem yang berlaku minimal 80% di Program Studi Pendidikan Agama Islam

 

  1. Bidang Penelitian
  1. setiap dosen menghasilkan minimal satu karya penelitian yang relevan dengan program studi setiap tahun.
  2. Setiap dosen menghasilkan artikel ilmiah yang terpublikasi pada jurnal terindex minimal satu dalam setahun;
  3. Setiap dosen melakukan penelitian bersama dengan mahasiswa minimal 15% dari jumlah mahasiswa yang menulis tugas akhir;

 

  1. Pengabdian kepada masyarakat 
  1. Setiap tahun dosen melaksanakan program pengabdian masyarakat minimal tiga kali yang relevan dengan program studi. 
  2. Dosen memberikan peluang kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

  1. Kerjasama 

1.    Membangun Memorandum of Understanding (MoU) dengan lembaga terkait baik tingkat lokal maupun nasional yang berhubungan dengan program studi pendidikan agama Islam baik pihak swasta dan pemerintah.

2.    Melakukan kerjasama dengan lembaga luar negeri yang terkait dengan program studi, dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

 

Kontak

IAI DDI Polewali
Jl. Gatot Soebroto Kel. Madatte Kec. Polewali.

Telp./FAX 042821572,
HandPhone : +6282189482533,
Email: admin@ddipolman.ac.id
Polewali Mandar Sulawesi Barat
Kodepos 20217