بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

LPPM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAI DDI Polewali Mandar

  1. PENELITIAN Penelitian merupakan kegiatan yang berdasarkan SNPT/KKNI untuk menghasilkan dan mengembangkan kemajuan dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni demi kesejahteraan umat manusia pada umumnya dan kemajuan ilmu pengetahuan ke-Islam-an pada khususnya.
  2. PENGABDIAN PADA MASYARAKATPengabdian pada masyarakat merupakan kegiatan dakwah untuk mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bagi kesejahteraan umat manusia dan lingkungannya.

Pada Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dibentuk lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sesuai dengan keperluan yang ditetapkan oleh Rektor. Pimpinan Lembaga diangkat dan diberhentikan oleh Rektor Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar atas usul Kepala Lembaga dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar. Masa jabatan Pimpinan Lembaga adalah 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali sesuai ketentuan yang berlaku. Lembaga Penelitian dapat ditambah atau dibentuk sesuai dengan kebutuhan berdasarkan pertimbangan Senat Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar dan ditetapkan berdasarkan Keputusan Rektor. Pada Lembaga dapat ditempatkan dosen atau tenaga ahli yang berasal dari Institut atau lembaga lain dan bekerja di lembaga untuk jangka waktu yang terbatas. Pada Lembaga dan Pusat dapat juga ditempatkan dosen atau tenaga ahli sebagai anggota, staf pengelola, dan tenaga administrasi sesuai dengan keperluan dan sumber daya yang tersedia. Pembentukan, perubahan atau penutupan Lembaga Penelitian dan bidang kegiatan/program diusulkan oleh Pimpinan Lembaga kepada Rektor Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar. Rektor mengeluarkan keputusan setelah mendapat pertimbangan Senat Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.

Pengelolaan Penelitian yang terbagi atas Pengelolaan Penelitian dan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa dan Dosen, baik secara individu maupun secara Tim. Yang kemudian dikemas sesuai Standar Operasional Penelitian yang dikemas ke dalam Lembaga Penelitian (LemLit) LPPM IAI DDI Polewali Mandar. Sistem pengelolaannya berdasarkan SOP tersebut kemudian diolah menjadi berbagai produk seperti Jurnal IAI DDI Polewali Mandar bernama Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI), Jurnal-Jurnal Fakultas, Penerbitan Buku Bahan Ajar, Penerbitan Hasil Penelitian, Pengajuan Proposal Penelitian dan lain sebagainya.

Sistem pengelolaan hasil penelitian ini menggunakan sistem akun Google Suite yang diarahkan pada sistem digitalisasi dengan menggunakan OJS (Open Journal Sistem) sehingga minimal terindex scholar, serta mengupayakan sistem anti plagiasi yang bisa diakses secara online.

Jurnal JPPI yang diakses ke http://jppi.ddipolman.ac.id/ dan Form Pendaftaran Penelitian dan Penulisan (klik) merupakan akselerasi LPPM dalam mengakomodir hasil penelitian yang dilakukan oleh Civitas Akademika IAI DDI Polewali Mandar.

Kontak

IAI DDI Polewali
Jl. Gatot Soebroto Kel. Madatte Kec. Polewali.

Telp./FAX 042821572,
HandPhone : +6282189482533,
Email: admin@ddipolman.ac.id
Polewali Mandar Sulawesi Barat
Kodepos 20217